Tutorial Membuat Project Unity Untuk Pemula
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity ini adalah sebuah aplikasi berbasis MultiPlatform, Apa itu MultiPlatform? MultiPlatform merupakan aplikasi yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup Mempublish ke banyak format tipe file, misalnya : exe, apk,dan lain-lain.
Pada kesempatan kali ini saya selaku author akan membagikan tutorial cara membuat project pada software Unity, yuk simak baik-baik, dan jangan lupa untuk di praktekan.
- Saat pertama kali membuat project Unity, akan tampil dialog Sign In. Jika belum memiliki account unity, Anda bisa klik link create one, dan membuat account unity terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan Unity tanpa Sign In dengan klik tombol Skip
- Klik New untuk membuat project baru, isian nama project name, misalnya “Belajar Unity”, tentukan tempat penyimpanan project pada location, dan tentukan pembuatan project 2D atau 3D pada templates. Selanjutnya klik tombol Create Project.
- Membuat Folder pada Assets. Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts.
- Membuat Script. Untuk membuat file script, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C# Scripts, lalu beri nama file. Misalnya buatlah file HelloWorld.cs
- Kesalahan umum pemula yang biasa terjadi adalah ‘terlambat’ mengganti nama file script tersebut, sehingga meski nama file sudah berubah, namun nama class dalam file masih menggunakan nama sebelumnya. Pada gambar di samping contoh perbedaan nama file dan nama class
- Satu hal yang perlu diperhatikan adalah nama file C# harus sama dengan nama class yang ada di dalam file. Jika terdapat perbedaan antara nama file dan class, akan menyebabkan error. Solusinya tinggal ganti nama class atau nama file, silahkan sesuaikan.
- Menambahkan Editor. Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…
- Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah.
- Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah prosedur, yaitu:
- Start()
Prosedur ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama kali di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi. - Update()
Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
- Untuk daftar prosedur dan fungsi lengkap yang ada pada kelas MonoBehaviour, silakan merujuk ke tautan ini: https://docs.unity3d.com/ScriptReference/MonoBehaviour.html
- di bawah merupakan Library yang digunakan dalam perintah dalam script, seperti penggunaan variable GameObject, Monobehavior, dan lainnya.
- Nama kelas dari sebuah script. Nama kelas ini harus sama dengan nama berkas (file) C# script di folder Assets.
- Fungsi di atas hanya dijalankan satu kali, yakni di awal saat program dijalankan.
- Debug.Log digunakan untuk menghasilkan output di Jendela Console berupa teks atau angka.
Dijalankan berulang-ulang setelah menjalankan function Start().
Menggunakan Script
- Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
Klik tombol Play pada Toolbar.
- Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di jendela Console seperti di bawah
- Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.
Menyimpan Scenes
- Setiap perubahan yang teradi pada scene, hierarchy dan object yang ada di dalamnya, akan memunculkan tanda bintang pada nama Scenes. Segera simpan dengan cara klik File -> Save atau tekan Ctrl+S.
- Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.
Baris ini akan membuat tampilnya log berulang. Coba jalankan game, isi parameter MyText melalui Inspector dan perhatikan Console.
- Fungsi OnGUI pada baris 9 merupakan fungsi standar Unity untuk menampilkan user interface seperti label, button, editbox dll. Sejak Unity 4.6 dst, fungsi OnGUI telah ‘digantikan’ dengan fitur yang lebih canggih yaitu UI.
Baris 10 menciptakan Area berbentuk Rectangle (persegi empat) dengan posisi x:10, y:10, lebar:200, dan tinggi 200.
Baris 11 membuat label, dengan value diambil dari variabel myText.
Baris 12 mengakhiri Area yang dibuat.
- Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka tampilan game akan menyesuaikan.
Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, C# memiliki tipe data seperti int, float, char atau string. Materi berikutnya akan membahas contoh-contoh penggunaan beberapa tipe data. Tentunya tidak semua akan dibahas, silahkan digali lebih dalam dan cari literatur dari berbagai tempat.
Edit Script
- Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah dan slide berikutnya.
Jalankan Game
- Jika tidak ada error pada console, maka jalankan game dan isi parameter yang ada pada Inspector MainCamera. Perhatikan parameter yang terbentuk dari script yang sudah dibuat tadi.
Pembahasan Code
- Baris 7 merupakan remark.
- Baris 8 s.d 16 deklarasi variabel. Setiap variabel public akan tampil pada Inspector, sedangkan yang tidak public hanya dapat diakses di class C#.
- Baris 8: tipe data bilangan bulat seperti 1,2,3 dst
- Baris 9: tipe data desimal seperti 0.25, 2.56 dst
- Baris 10: tipe data untuk satu karakter seperti angka 1, huruf a, tanda baca :, dll
- Baris 11: tipe data teks atau kumpulan karakter
- Baris 12: tipe data enumerasi untuk keperluan khusus, biasanya digunakan untuk data yang sudah baku atau dibakukan, dan menghasilkan tipe objek enum.
- Baris 13: jika enum menghasilkan tipe objek enum, maka baris 13 adalah deklarasi variabel yang berisi tipe enumerasi buatan baris 12
- Baris 15: tipe data dua angka untuk koordinat 2D yaitu (x,y)
- Baris 16: tipe data tiga angka untuk koordinat 3D yaitu (x,y,z)
- Baris 20 dan 22 merupakan inisialisasi variabel keterangan, yang akan diisi dengan “Bagus sekali,,,” jika player memilih komentar “Bagus”, selain itu diisi dengan “Biasa saja..."
- Baris 28 s.d 34 menampilkan hasil input parameter Inspector MainCamera.
Komentar
Posting Komentar